Kiat Mencegah Rambut Bercabang

Published November 8, 2012 by siscachookawaiishop

Rambut bercabang memang menyebalkan. Tampilan rambut menjadi kusam dan tidak menarik. Rambut rapuh dan mudah patah juga merupakan kondisi yang sering dikeluhkan oleh pemilik rambut bercabang. Berikut beberapa langkah mencegahnya.
Terlalu sering keramas akan membuat kelembaban alami rambut menghilang. Rambut pun menjadi kering dan bercabang. …
Menguatkan rambut dari dalam
Rambut yang sehat berisiko kecil menjadi bercabang. Oleh karena itu yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memastikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh cukup untuk menguatkan rambut. Mulailah mengatur pola makan. Perbanyak protein dan zat besi yang bisa membantu menguatkan rambut.

Jangan biarkan rambut menjadi kering
Rambut yang kering menjadi lebih rapuh sehingga lebih mudah bercabang. Oleh karena itu jangan biarkan rambut Anda terlalu kering. Secara alami yang bisa dilakukan adalah minum air putih yang cukup untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi.

Anda juga bisa menjaga kelembapan rambut dengan cara menggunakan pelembab atau masker rambut secara rutin.

Jangan keramas terlalu sering
Terlalu sering keramas akan membuat kelembapan alami rambut menghilang. Rambut pun menjadi kering dan bercabang. Keramas dua hari sekali cukup untuk menjaga rambut Anda tetap bersih juga sehat.

Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut
Mengaplikasikan panas yang berlebihan ke rambut akan merusak lapisan pelindungnya. Rambut menjadi kering, mudah patah, kusam juga bercabang. Oleh karena itu pakailah alat pengering atau pelurus rambut seperlunya saja. Misalnya ketika Anda akan pergi ke acara spesial.

Perhatikan cara memakai handuk
Menggosokkan handuk dengan keras di rambut Anda juga bisa membuat rambut lebih rapuh. Untuk mengeringkan rambut, cukup lapisi rambut dengan handuk, tekan dengan lembut hingga air di rambut terserap.

Cara menyisir
Jangan menyisir saat rambut Anda basah. Dalam keadaan basah, rambut lebih lemah sehingga mudah patah dan bercabang. Sebaiknya sisirlah rambut Anda sebelum keramas. Setelah keramas, gunakan jari tangan Anda secara perlahan untuk merapihkan rambut yang kusut. Gunakan sisir setelah rambut Anda setengah kering.

Memotong ujung rambut
Potonglah ujung rambut Anda secara rutin minimal satu bulan sekali. Menggunting ujung rambut secara teratur bisa membantu  membuat nutrisi rambut terserap maksimal. Hasilnya, rambut bercabang berkurang dan bisa membuat pertumbuhan rambut lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: