Makanan Korea ( korean foods)

Published November 4, 2013 by siscachookawaiishop

1. Gimbab (김밥)

image

Gimbap sudah terkenal sebagai makanan bekal yang utama pada saat piknik. Bahan-bahan isi Gimbap dapat divariasikan tapi bayam, ham, wortel, telur, dan acar lobak asam dipakai sebagai bahan dasar. Untuk susi Jepang dipakai cuka sedangkan Gimbap Korea dipakai minyak wijen dan garam.

2. Kimchi-jjigae(김치찌개)

image

Kimchi-jigae merupakan sejenis sup pedas dari Kimchi. Masakan ini dianggap sebagai masakan rakyat karena bahannya sederhana dan cara memasaknya mudah. Biasanya Kimchi sawi putih, daging dan tahu menjadi bahan utama untuk Kimchi-jjigae. Terutama Kimchi yang sudah difermentasikan dan mempunyai rasa yang cukup asam dapat menghasilkan rasa Kimchi-jjigae yang mendalam. Belum terdapat catatan kuno mengenai asal usul Kimchi-jjigae sehingga diperkirakan masakan ini mulai terkenal sekitar tahun 1970-an saat harga sawi putih mulai murah dan setiap rumah tangga memasak Kimchi.


3. Miyeokguk (미역국)

image

Sebuah buku 『Chohakgi』yang ditulis pada dinasti Tang, Cina memberikan catatan bahwa orang Goryeo mendorong kaum ibu yang baru melahirkan untuk mengkonsumsi miyeok sejenis rumput laut setelah menyaksikan ikan paus memakan rumput laut untuk menyembuhkan luka terdapat waktu melahirkan anaknya. Pada buku bernama “Bonchogangmok” kita dapat menemukan satu catatan bahwa warga penduduk Goryeo suka menyantap miyeok yang disebut sebagai ‘Goryeo Haetae’. Miyeok merupakan makanan bagi ibu yang baru melahirkan guna memulihkan kondisi badannya karena berefek untuk pembersih. Menurut tradisi Korea masyarakat Korea pada zaman dahulu mempersembahkan miyeokguk atau sup rumput laut ini kepada ‘Samsinhalmeoni’ atau roh yang mengontrol kelahiran. Mereka menempatkan sup miyeok di atas bantal ibu hamil sejak seminggu sebelum melahirkan dengan mengharapkan proses kelahiran ibu hamil itu berlangsung lancar. Dengan demikian miyeokguk adalah makanan Korea yang penting karena mengandung makna kelahiran.


4. Yukgaejang (육개장)

image

Istilah Yuk Gaejang berarti sup gaejang yang memakai daging sapi dengan menggantikan daging anjing. Pada masa kuno saat harga daging sapi mahal masyarakat Korea menyantap sup daging anjing untuk menambah energi. Masakan ini cukup terkenal sampai cara memasaknya disebut pada sebuah buku bernama tapi ada juga perselisihan di kalangan bangsawan dinasti Joseon tentang penyantapan daging anjing. Berdasarkan sebuah buku yang ditulis oleh Choi Nam-seon Yukgaejang itu diperkirakan dibuat oleh orang yang segan makan daging anjing itu. Di Korea Utara masakan ini disebut dengan nama ‘Sodangogiguk’ dan sangat digemari.

5. Seolleungtang(설렁탕)

image

Ada beberapa tanggapan tentang asal usul masakan ‘Seolleungtang’ yang merupakan sup dari daging, organ dalam dan tulang sapi. Ada yang mengatakan Seolleungtang dipengaruhi masakan sup Mongolia pada zaman dinasti Koryeo. Ada juga yang mengatakan bahwa Seolleungtang mulai dinikmati pada awal zaman dinasti Joseon. Pada zaman itu, kerajaan harus menandai masyarakat dalam memulai pertanian pada tahun itu di daerah Sennongdan yang berlokasi di luar Dongdaemun sekarang. Raja Seajong setiap tahun menyediakan Seolleungtang untuk menyemangati masyarakat yang mengahdiri acara tersebut. Menurutnya, nama masakan sup ini dari nama tempat, Seonnongdan itu. Seollengtang merupakan masakan sup yang sering disantap oleh warga penduduk Seoul pada tahun 1910-an sehingga masakan ini disebut juga sebagai ‘Seoul Seolleungtang’.

Posted from WordPress for Android

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: